DAMPAK MAKANAN HALAL DAN HARAM


Tentu setiap manusia membutuhkan makanan untuk mampu bertahan dan melangsungkan kehidupann di muka bumi. Bahkan setiap manusia berusaha bekerja sekuat tenaga mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk diri dan keluarga. Namun yang harus menjadi perhatian, walaupun setiap manusia membutuhkan makanan untuk melangsungkan kehidupan namun harus memperoleh makanan tersebut dengan cara yang halal dan baik, karena Allah telah memerintahkan kita untuk mengkonsumsi makanan itu yang halal lagi baik, sesuai dengan firman di dalam Surat Al-Baqarah ayat 168 

  


Berdasarkan ayat di atas dapatlah kita mengetahui bahwasanya ada dua kriteria makanan dan minuman yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsinya, yaitu halal dan baik. karena jika tidak mengkonsumsi yang halal dan baik maka termasuklah kita orang-orang yang mengikuti langkah-langkah syaitan.

Lalu pertanyaannya, apa dampak bagi diri kita jika tetap juga mengkonsumsi makanan yang tidak halal dan baik. Berikut ini akan dipaparkan dampak mengkonsumsi makanan yang haram.
Pertama akan merusak hati, manusia yang mengkonsumsi makanan yang tidak halal dan baik berarti ia telah membiarkan hatinya rusak. Nabi Muhammad Saw bersabda, "Ketahuilah, sesungguhnya di dalam diri ini ada segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk maka buruklah seluruh tubuh ini, ketahuilah dia itu adalah hati (Mutafaqqun Alaih).


Kedua, doanya tidak akan dikabulkan, seseorang yang mengkonsumsi makanan yang haram jika berdoa maka doanya tidak akan diijabah oleh Allah Swt karena di dalam tubuhnya terdapat sesuatu diharamkan oleh Allah Swt. Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "Ada seseorang yang melakukan perjalanan jauh sehingga rambutnya kusut dan berdebu, lalu ia berdoa wahai tuhanku, wahai tuhanku padahal makanannya dari yang haram, minumannya dari yang haram, pakaian dari yang haram, bahkan dia dikenyangkan dari sesuatu yang haram, lalu bagaimana Allah mau mengabulkan doanya". (HR. Muslim)

Umar bin Khattab ra. mengatakan, "Dengan menjauhi apa yang Allah haramkan dan bertasbih maka Allah akan mengabulkan doanya"

Ibnu Rajab juga mengatakan, "Jika makanan, minuman, pakaian dari yang haram dan dia dikenyangkan karena itu maka Allah tidak akan mengabulkan doanya". 

Ketiga, merusak amal-amal sholih, seseorang yang mengkonsumsi yang haram akan berdampak terhadap amal-amal sholih yang dikerjakan, amal kebaikan yang dikerjakan tidak akan diterima oleh Allah Swt. 

Nabi Muhammad Saw, "Allah tidak menerima sholat orang yang tidak bersuci dan shodaqoh tidak diterima jika dengan cara yang curang". (HR. Muslim)

Ibnu Abbas ra. berkata, "Allah tidak menerima sholat seseorang jika dilambungnya terdapat makanan yang haram".

Keempat, merasa hina dan rendah, seseorang yang mengkonsumsi dari cara yang dilarang oleh Allah membuat seseorang merasa hina dan rendah karena memperoleh sesuatu dari jalan yang zholim dan ini membuat hati tak tenang

Nabi Muhammad Saw bersabda, "Dosa adalah sesuatu yang membuat hati berguncang dan tidak suka orang lain mengetahuinya". (HR. Muslim)

Kelima, merusak keturunan, orangtua yang memberikan nafkah dari harta yang haram kepada keluarganya akan menyebabkan hati anggota keluarga menjadi keras dan Allah tidak akan menjaga anak-anak mereka karena sebagai hukuman bagi orangtuanya dengan cara mengambil kebahagiaan dari keluarga mereka
“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati.” (Muttafaq ‘Alaih) - See more at: http://www.voa-islam.com/read/tsaqofah/2013/09/03/26633/5-dampak-buruk-makanan-haram/#sthash.ElysfUzt.dp




0 komentar: