Fakta-fakta Seputar AlQur'an


Fakta-fakta Seputar AlQur'an

Nabi Muhammad Saw bersabda

انز القرآن جملة وحدة الى السماء الدنيا ليلة القدر ثم انزل بعد ذلك في عشرين سنة

"AlQur'an diturunkan sekaligus ke langit dunia pada malam lailatul qodar kemudian diturunkan setelah itu selama dua puluh tahunan" (HR. Ibnu Abbas)

Berdasarkan hadits di atas dapatlah diketahui bahwa AlQur'an itu diturunkan dalam dua periode.

PERIODE PERTAMA
👉 Waktu
- Pada periode pertama ini AlQur'an diturunkan pada Bulan Ramadhan, namun tidak diketahui tanggal dan tahun berapa diturunkannya AlQur'an, hanya Allah yang mengetahuinya.
- Turunnya tepat pada malam lailatul qodar.
- Turunnya tidak masa pada Rasulullah, akan tetapi AlQur'an telah turun dari Lauhil Mahfuzh ke langit dunia jauh sebelum masa Rasulullah.

👉 Turun Dari
AlQur'an turun secara keseluruhan dari Lauhil Mahfuzh ke langit dunia yaitu pada Bulan Ramadhan tepatnya pada malam Lailatul Qodar. Hal ini dijelaskan di dalam firman Allah Surat Al-Baqoroh ayat 185
شهر رمضان الذي انزل فيه القران
"Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya AlQur'an"

Kemudian di dalam Surat Ad-Dukhan ayat 3
انا انزلناه في ليلة مبركة
"Sesungguhnya kami turunkan AlQur'an pada malam yang diberkahi"

Kemudian di dalam Surat Al-Qodr ayat 1
انا انزلناه في ليلة القدر
"Sesungguhnya kami menurunkan AlQur'an pada malam lailatul qodar"

PERIODE KEDUA

👉Turun dari
- Pada periode kedua ini AlQur'an diturunkan dari langit dunia ke permukaan bumi secara berangsur-angsur.

👉 Lamanya
- AlQur'an diturunkan selama kurang lebih 23 tahun. Surat yang pertama turun adalah Surat Al-Alaq dari ayat 1-5 tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan 610 Masehi yang lalu di saat usia Nabi Muhammad 40 Tahun.
Berdasarkan keterangan ini, maka memperingati Nuzulul Qur'an pada tanggal 17 Ramadhan sudahlah tepat, jika dilihat proses turunnya AlQur'an dari langit dunia ke permukaan bumi.

👉 Berakhirnya
- Ketika Nabi Muhammad pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun kesebelas Hijrahnya ke Madinah, maka seluruh rangkaian AlQur'an telah selesai diturunkan, yaitu dengan jumlah ayat 6.236 ayat 30 Juz dan 114 Surat. Adapun menurut beberapa pendapat mengatakan ayat terakhir yang diturunkan adalah Surat Al-Maidah ayat 3
اَلْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْـنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَا خْشَوْنِ ۗ اَ لْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَـكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَ تْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَـكُمُ الْاِ سْلَا مَ دِيْنًا ۗ
"Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu."

Walaupun menurut Dr. Manna Al-Qaththan dalam Mabahits Fii Ulumil Qur'an masih ada ayat-ayat lain yang turun setelah Surat Al-Maidah ayat 3 tersebut.

Sumber : Sejarah Al-Quran, Karangan Ahmad Sarwat

0 komentar: